HomeBerita

PERINGATAN HARDIKNAS SMPN 2 TUNTANG TAHUN 2024

Upacara Hardiknas 2024

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Kamis, 2 Mei 2024 diperingati dengan melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di lapangan upacara SMPN Negeri 2 Tuntang dengan menggunakan pakaian adat, kebaya dan batik yang berlangsung secara hikmat. Dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, Hardiknas di SMPN 2 Tuntang mengadakan sejumlah serangkaian kegiatan yang telah dan tengah dilaksanakan untuk menambah kemeriahan peringatan yang diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap pahlawan pendidikan, diantaranya upacara bendera dan dilanjutkan dengan lomba menulis puisi, lomba fashion show dan lomba bernyanyi.

Setelah seluruh siswa melakukan upacara dengan kebaya dan batik, kini sisa jam pelajaran digunakan untuk berbagai kegiatan lomba. Lomba menulis puisi dengan tema “Hardiknas atau Pendidikan.” Seluruh siswa menulis karya puisi mereka sendiri, siswa mendapatkan waktu 40 menit untuk membuat karya mereka, puisi ditulis menggunakan kertas BC perintah para guru. Para siswa mulai menulis puisi dan mengkreasikan puisi mereka masing-masing, dengan gambar pulpen atau spidol warna bahkan jenis tempelan. Jika sudah selesai dengan karya mereka para siswa bisa mengumpulkannya kepada wali kelas mereka masing-masing.

Lomba Fashion Show

Kegiatan lomba fashion show setiap kelas mengirimkan 6 peserta didik sebagai perwakilan kelas untuk mengikuti fashion show dan 1 peserta didik sebagai penyanyi untuk mengiringi fashion show. Lagu yang dinyanyikan sudah ditentukan beberapa pilihan dari sekolah. Kegiatan dimulai dengan salah satu perwakilan fashion show mengambil nomor urut tampil, dilanjutkan penyanyi  menyetorkan lagu yang akan dinyanyikan. Ketika giliran tiba, peserta fashion show tampil berlengak-lenggok di lapangan basket yang sudah terdapat rute dan diringi lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi dari perwakilan setiap kelas.

Serangkaian kegiatan untuk memperingati Hardiknas di SMP Negeri 2 Tuntang, sudah terlaksana dengan lancar, Dengan memperingati hari ini maka kita juga  menghargai warisan Ki Hadjar Dewantara dan semua pahlawan pendidikan yang telah berjuang demi terciptanya sebuah sistem pendidikan yang inklusif, berkualitas, dan berdaya saing. Mari jadikanlah Hari Pendidikan Nasional bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga pengingat akan peran penting pendidikan dalam membentuk masa depan bangsa.

 

Erma Desy I., S.Pd.

COMMENTS