HomeTak Berkategori

In Country Course on Differentiated Instruction in Mathematics Education

Disdikbudpora Kabupaten Semarang bekerjasama dengan SEAQiM menyelenggarakan kegiatan In Country Course on Differentiated Instruction in Mathematics Education for Junior High School Mathematics Teachers. Seameo Regional Cetre for QITEP (Quality Improvement for Teachers and Education Personnel) in Mathematics Education (SEAQiM) merupakan Centre di bawah SEAMEO (Southeast Asian Ministry of Education Organization). SEAQiM berpusat di Bangkok Thailand dan dinaungi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. SEAQiM melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya adalah kegiatan kediklatan yang ditujukan bagi pendidik dan tenaga kependidikan dalam bidang matematika.

Kegiatan Kerjasama yang diselenggarakan selama 5 hari mulai dari tanggal 2 s.d. 6 Oktober 2023 dibuka oleh Kadisdikbupora Kabupaten Semarang Bapak SUKATON PURTOMO PRIYATMO, S. H., M. M. Hadir dalam acara Opening Ceremony adalah Direktur SEAQiM, Bapak Dr. Sumardiyono, Kasi PTK SMP yaitu Bapak Budi Utomo, S.H., M.T., Pengawas Mapel Matematika, Bapak Asep Mintarto, M.Pd., Ibu Sri Mulyati, S.Pd., M.Pd. selaku penanggung jawab MGMP Matematika SMO, serta Kepala SMP Negeri 2 Tuntang, Bapak Purnomo, S.Pd. Peserta sebanyak 30 guru matematika SMP Kabupaten Semarang mengikuti kegiatan ini di SMP Negeri 2 Tuntang. Proses rekrutmen peserta dalam kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi Google Form, dimana peserta mendaftar kegiatan berdasarkan kesadaran diri untuk melaksanakan pengembangan diri melalui pelatihan tentang Pembelajaran Berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi menjadi current issue dalam bidang pendidikan saat ini sejalan dengan peluncuran Kurikulum Merdeka. Pembelajaran berdiferensiasi ini mengakomodir perbedaan siswa sebagai individu dalam pembelajaran yang sangat beragam, sehingga mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai keberhasilan belajar. Peserta didik dengan berbagai perbedaan membutuhkan pendambingan yang optimal dari guru. Namun, pada kenyataannya, mengakomodir perbedaan peserta didik bukan merupakan hal yang mudah bagi guru. Oleh karena itu, guru perlu terus belajar untuk dapat memberikan pembelajaran matematika yang efektif dan mampu memberikan kesempatan kepada seluruh siswa yang beragam, melalui strategi pembelajaran yang tepat.

Kerjasama Disdikbudpora Kabupaten Semarang dengan SEAQiM ini merupakan kali ketiga setelah di tahun 2020 terselenggara dua kegiatan In Country Course dengan tema STEM dan ICT. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar dan mengelola kelas. Harapan lebih lanjut bahwa kegiatan ini akan terus dapat dilaksanakan setiap tahun, sehingga semakin banyak kesempatan bagi guru-guru matematika SMP di Kabupaten Semarang belajar bersama SEAQiM.

 

Erni Ayda, S.Si., M.Pd.

COMMENTS